Dinar Emas | Investasi, Proteksi, dan Dakwah

Timbangan yang Adil Sepanjang Zaman

Mengapa Terjadi Perbedaan Harga Dinar?

Ada beberapa teman yang menanyakan, kenapa ada perbedaan harga antara satu institusi produsen dinar  emas dengan yang lainnya.  Berikut adalah faktor-faktor yang mungkin menjadi penyebabnya:

Pertama, karena perbedaan harga perolehan bahan baku emas dan perak dari beberapa institusi tersebut. Emas dan perak saat ini bisa didapatkan dari tambang rakyat, toko emas, diimpor dari luar negeri atau dari PT Aneka Tambang. Tentu saja harga di masing-masing sumber tersebut bisa berbeda. Bahkan sesama emas murni yang dikeluarkan oleh Logam Mulia pun harganya juga bisa bervariasi di pasaran.

Sebagai acuan harga emas dan perak dunia, saat ini yang digunakan adalah pergerakan harga emas dan perak di bursa London sebagaimana grafiknya tertera di www.kitco.com. Namun di pasar lokal seperti di Indonesia emas dan perak bisa ditransaksikan sama dengan harga tersebut atau beberapa persen lebih mahal dari harga tersebut. Hal ini bergantung dari keuntungan yang diambil oleh para pedagang besar yang bermain. Kejelian institusi untuk mendapatkan bahan baku dinar-dirham yang murah ini akan sangat menentukan competitiveness lembaga tersebut. Kedua, perbedaan biaya cetak dinar-dirham. Dalam mencetak dinar-dirham tentu saja memerlukan biaya baik dari pengadaan peralatan, pengadaan bahan pendukung, dan biaya-biaya produksi lainnya. Semakin efisien alat dan bahan yang digunakan serta penciptaan ritme kerja yang makin produktif maka akan mempengaruhi efisiensi kerja lembaga, yang tentu saja akan berpengaruh terhadap harga dan kualitas produk yang dihasilkan. Ketiga, perbedaan biaya handling. Aktivitas handling ini diantaranya termasuk proses distribusi dan pemasaran. Biasanya biaya handling yang besar adalah pada pengelolaan kantor, biaya promosi dan biaya riset dan pengembangan (R&D). Dengan tidak mengurangi kualitas layanan dan hak para pihak yang terlibat, institusi juga mestinya bisa menjadi efisien. Efisiensi yang berdampak pada turunnya harga produk ini tentu demi kepentingan masyarakat pengguna dirham dan untuk keberlanjutan misi lembaga. Dengan berbagai faktor tersebut institusi yang terlibat dalam pencetakan dan pengedaran dinar-dirham diharapkan mampu berlomba-lomba secara sehat dalam melayani para nasabah. Keunggulan lain, di luar harga produk, yang akan menarik minat masyarakat di antaranya adalah keluasan jaringan outlet penukaran, ketersediaan merchant yang siap melayani transaksi dengan dinar-dirham, fleksibilitas penukaran dari dinar-dirham-rupiah, fasilitas penyimpanan, dan sebagainya. Mari kita ciptakan ladang amal dengan dinar-dirham ini yang jauh tipu-muslihat, pemaksaan dengan dalih kekuasaan dan perlombaan mencapai kebaikan yang tidak sehat. Fastabiqul khairat.

referensi: http://www.pojokdinar.co.cc/


Comments

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*

Ahlan Wa Sahlan

Photobucket

DINO YUDHA

=======================
======================

twitterku

***

 photo IMG_20150213_131845_edit_edit_zpsdc3cc924.jpg