Dinar Emas | Investasi, Proteksi, dan Dakwah

Timbangan yang Adil Sepanjang Zaman

EMAS TERJUN BEBAS KARENA KOMENTAR BEN BERNANKE PADA MEETING MINUTES FOMC

4 April 2012 -Emas beringsut lebih rendah pada Rabu, memperpanjang pelemahannya terhadap dollar  hampir 2 persen pada sesi sebelumnya, setelah pernyataan The Federal Reserve pada meeting minute bahwa bank sental AS masih belum akan memberikan stimulus pelonggaran moneter lebih lanjut. Harapan satu putaran pelonggaran kuantitatif yang akan memberi dorongan yang kuat dan daya tarik emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi tidak terjadi.

Walaupun, harapan itu pernah di lontarkan hanya seminggu setelah Ketua The Fed, Ben Bernanke mengisyaratkan kemungkinan stimulus lebih lanjut, yang mendorong saham dan harga emas bergerak lebih tinggi dan mengurangi hasil keuntungan pada Treasuri AS.

Para pembuat kebijakan di bank sentral AS percaya bahwa pertumbuhan ekonomi yang terjadi saat ini telah mengurangi  kebutuhan untuk kemungkinan melakukan pelonggaran moneter, meskipun mereka tetap berhati-hati terhadap  kegiatan ekonomi yang lebih luas.

Saham di bursa Wall Street jatuh pada Selasa, indeks S & P 500 melemah dari pergerakan empat tahun tertingginya setelah Federal Reserve AS mengatakan cenderung tidak akan memberikan stimulus bagi pertumbuhan ekonomi. Indeks dolar membukukan keuntungan tertinggi pada sesi sebelumnya setelah meeting minute The Fed tidak memberi sinyal sedikitpun.

Permintaan emas  dari India, sebagai negara pembeli terbesar di dunia, masih tetap lamban setelah pemogokan masih terus berkepanjangan hingga minggu ketiga sebagai protes terhadap pemerintah terkait pajak cukai yang dipungut pada perhiasaan.

Pada pergerakan Selasa kemarin, emas dibuka pada kisaran USD 1677.50 per troy ounce, sejak pembukaan market, pergerakan harga emas melemah dengam bergerak ke bawah secara moderat dan ketika hasil meeting minute The Fed di rilis, emas langsung merosot tajam berada di harga terendah hariannya di kisaran USD 1638.75 per troy ounce. Emas hanya menguat tipis dan di tutup pada kisaran USD 1645.95 per troy ounce. Pergerakan emas membukukan kerugian telak  terhadap dollar sebanyak USD 38.75.

Hari ini pergerakan emas spot terlihat melemah sebanyak  0.1 % dan berada di kisaran USD 1635.85 per troy ounce. Dan perdagangan emas berjangka AS ikut melemah sebanyak 0.12 % dan berada di kisaran USD 1637.25 per troy ounce.

Secara teknikal, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat masih berada di bawah indikator simple moving average (SMA) 55 yang merupakan area resistan kuat bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level  27 dengan kondisi jenuh jual. Di lain pihak, indikator momentum 14 juga masih memberikan indikasi masih akan bergerak bearish minor.

Bias bearish pada pergerakan emas terlihat dan saat ini cenderung akan menguji support USD 1627.50 per troy ounce. Pecahnya area tersebut kemungkinan akan membawa harga emas bergerak ke bawah menuju support berikutnya di kisaran USD 1588.78 per troy ounce. Sebaliknya jika emas menguat maka ada peluang resistan USD 1646.86 per troy ounce akan di uji oleh pergerakan harga.

Fredy Rodo

Senior Consultant & Analyst Technical and Fundamental


Comments

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*

Ahlan Wa Sahlan

Photobucket

DINO YUDHA

=======================
======================

twitterku

***

 photo IMG_20150213_131845_edit_edit_zpsdc3cc924.jpg